Mempelajari Strategi Konten yang Tepat, Untuk Kreator dan Bisnis

Konten saat ini telah menjadi konsumsi sehari-hari. Bukan tanpa sadar jika kita sebenarnya sudah berada di arus informasi yang sangat besar. Dan kelebihan ini menjadi ajang bagi orang untuk ingin menjadi nomor satu. Orang berlomba-lomba dalam membuat konten yang menarik, menghibur, dan tentunya informatif.

Tapi apakah kalian tahu kalau dibalik konten-konten yang sukses dan menyita perhatian banyak orang itu memiliki strategi yang tidak biasa dan hal itu dilakukan bukan dalam tempo yang singkat?

Kita bisa melihatnya dari perjalanan kreator-kreator saat ini. Kreator yang umumnya produktif membuat konten dan memiliki jutaan followers di media sosial bukanlah ‘kreator anak kemarin’. Mereka bisa bertahun-tahun menjalankan pekerjaan tersebut. Dan untuk di Indonesia sendiri, profesi sebagai ‘kreator’ terbilang masih baru dan belum banyak peminatnya.

Sebagai kreator, hal yang paling wajib melekat dari dirinya adalah ‘pede’ di depan kamera. Bukan berarti tidak menampakan wajah tidak menarik. Namun orang lebih menyukai penampilan yang atraktif, salah satunya menampilkan wajah dan seluruh badan. Terkesan lebih menjual dan profesional, bukankah begitu?

Terhitung hari ini, peminat kreator semakin banyak dan bervariasi dengan sub-kategori alias fokus yang berbeda-beda. Ada kreator masak, kreator cilik, kreator fashion, musik, hingga makeup. Untuk saat ini memang kreator-kreator kategori ini sedang diminati dan paling banyak yang mendapat perhatian di jagat maya.

Yang menjadi pertanyaannya adalah, bagaimana bisa menjadi kreator dengan views sebanyak itu? Tentu ada strateginya. Ini dia hal-hal yang bisa kamu terapkan kedepannya.

Kemaslah Konten dengan Cara yang Menarik

Konten yang memiliki engagement rendah penyebabnya adalah konten yang tidak menarik, ‘tidak berisi’, tidak informatif, bahkan tidak menghibur. Mulailah untuk berani mencoba hal yang tidak basic. Basic dalam hal ini maksudnya adalah “ya… kontennya gitu-gitu aja…”. Padahal, ada banyak hal yang bisa kamu eksplor dalam pembuatan konten.

Terapkan Satu Hal yang Benar-benar Kamu Kuasai

Kamu suka antara makeup dan fashion, tapi kamu lebih banyak menguasai makeup ketimbang fashion. Karena itu, makeup adalah pilihan yang tepat untuk kamu. Hanya dengan fokus pada 1 hal, maka mudah bagi orang lain untuk mengenal siapa dirimu. Ingat, orang lain itu juga punya aktifitas lain selain scrolling di media sosial. Buatlah mereka mudah mengerti dengan keberadaanmu.

Hilangkan Informasi yang ‘Useless’ Alias Nggak Penting

Misalnya, dalam pembuatan video, buang bagian-bagian yang tidak penting yang bisa membuat orang lain membuang waktu mereka ketika menonton videomu. Hal ini sangat berlaku untuk kreator video. Mereka tidak akan skip part-part dalam videomu jika konten yang kamu buat dinilai sangat bermanfaat. Oleh karena itu, penting untuk menguasai satu bidang tertentu selain pede ngomong depan kamera. Hal ini akan membuat kamu maksimal menjadi seorang kreator.

Bukan Hanya Thumbnail yang Menarik, Tetapi Juga Thumbnail yang Bikin Orang Lain Mau Klik

Konten sih overall udah bagus, menarik, dan flowy, tapi kalau thumbnail-nya biasa-biasa saja atau bahkan tanpa thumbnail? Bakal sangat rugi. Satu hal yang perlu kamu ingat adalah membuat thumbnail video yang menarik dan merangsang orang lain untuk klik. Karena begitulah sejatinya psikologi manusia, mereka akan menonton yang menurut mereka itu satisfying.

Buat Audiens Mudah Mencerna Apa yang Kamu Buat

Hal ini tidaklah sulit, karena seperti yang sudah pernah dikatakan sebelumnya. Setiap orang punya aktivitas yang berbeda. Tidak melulu di dunia maya. Berilah informasi yang mereka butuhkan dan dengan bahasa yang mudah untuk dikonsumsi. Sejatinya sifat manusia di internet itu instan, bahkan cukup membaca headline berita pun bagi mereka terkadang sudah cukup tanpa membaca lebih detil apa yang sebenarnya terjadi. So, cukup jelas kan disini?

Kalau kamu, rencana mau buat konten seperti apa? Komen dibawah ya!

Oleh: Fantasia Imanda

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Fantasia Imanda

Fantasia Imanda

More from Medium

PunkScape Chapter II: From

Launching: INCUBATE Class 17

Running a Motion Design Agency for a Month — Week 1 Update