Hal Aneh yang Cuma Dirasain Sama Penderita Gangguan Mental

Pernah denger soal Mental Disorder? Mungkin banyak orang yang udah mulai tersadarkan, tapi gak banyak orang yang memahami seluk-beluk mental disorder yang sebenarnya.

For you to know, orang yang menderita gangguan mental serius punya beberapa ciri yang gak banyak orang tahu. Biar makin paham, yuk kenali ciri-cirinya!

Orang dengan gangguan mental yang sebenarnya lebih sulit untuk berkomunikasi, bahkan dengan orang terdekat sekalipun

Kok bisa ya? Yap, bayangin aja hal ini cuma dirasain sama penderita gangguan mental. Komunikasi yang biasanya jadi media utama bagi orang-orang normal, tapi sebaliknya malah jadi bumerang bagi penderita gangguan mental.

Masalah kognitif yang mereka alami memicu reaksi yang berbeda dalam menangkap informasi. Biasanya mereka sulit untuk merespon, sulit bersosialisasi, dan lebih banyak menggunakan waktunya sendiri ketimbang bareng orang terdekat.

Orang dengan gangguan mental bekerja layaknya orang normal, dan bisa produktif layaknya orang normal

Hal yang membedakan penderita gangguan mental dengan orang normal adalah: penderita gangguan mental bisa merangkap 2 hal sekaligus, antara masalah pribadi dan masalah pekerjaan. Kalau orang normal, mengerjakan masalah kerjaan tanpa adanya gangguan. So, yaa normal-normal aja menjalaninya.

Punya sifat boros yang sangat ekstrem, karena efek kelelahan dan stress yang gak bisa dikendalikan

Orang dengan gangguan mental gak bisa mengendalikan perasaannya untuk belanja lebih dan lebih lagi. Sifat boros ini bukan karena disengaja, tapi memang karena masih sulit mengelola stres dan masalah.

Orang dengan gangguan mental lebih banyak menyalahkan diri sendiri, lebih sering menangis

Itulah sebabnya orang dengan gangguan mental tidak diperbolehkan untuk bermain media sosial lebih sering, karena sejatinya kondisi mental mereka belum 100% pulih. Jika mereka bermain media sosial, dikhawatirkan ada hal yang membahayakan diri mereka. Bahkan kondisi mental lebih parah dari yang sebelumnya. So, off from social media is preferred.

Kondisi mental yang kelewat lelah, bahkan muncul halusinasi suara

Gangguan ini seringkali terjadi pada mereka yang lelahnya udah ekstrem banget (dari segi mental). Munculnya halusinasi suara mengakibatkan mereka gak bisa untuk bepergian kemana-mana. Because of wherever they go, mereka akan selalu merasa ‘diikuti’ atau banyak yang lagi ngomongin mereka. Oleh karena itu, mereka harus mengistirahatkan diri di rumah.

Terkahir, nafsu makan meningkat drastis dari biasanya.

Efek kelelahan yang ekstrem membuat mereka banyak makan yang akhirnya membuat berat badan mereka juga naik drastis. So, makan banyak bukan karena bahagia, tapi karena efek stres dan lelah berkepanjangan.

Setelah tahu beberapa hal diatas, mana hal yang paling sering lo rasain? Yuk share di kolom komentar!

--

--

--

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Fantasia Imanda

Fantasia Imanda

More from Medium

Slowing Down

I'm 31 and in LA The land of Everyone trying to be someone Instead of just being someone It feels…

God as an Artist